Bank DKI Raih ISO 9001:2015 Terkait Mutu Audit Internal

Bank DKI terima sertifikat ISO 9001:2015 dari TUV Nord Indonesia dilakukan di Jakarta pada Senin (5/3/2024). (Ist)

PUSTAKA KOTA, Jakarta – Bank DKI meraih sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu karena dianggap mampu menerapkan standar internasional pada fungsi audit internalnya.

Penyerahan penghargaan oleh TUV Nord Indonesia dilakukan di Jakarta pada Senin (5/3/2024).

Read More

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan, pemberian sertifikasi merupakan hasil kerja kolektif bersama.

“Kami terus berupaya meningkatkan kualitas operasional perseroan khususnya dalam sistem audit internal,” ujar Amirul pada Rabu (6/3/2024).

Sertifikasi ISO 9001:2015 disebut merupakan salah satu kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu dalam perbankan.

Adapun penilaian sertifikasi dilandasi pada tujuh prinsip antara lain fokus pada pelanggan, kepemimpinan (leadership), keterlibatan sumber daya manusia (engagement of people), pendekatan proses (Process Approach), dan peningkatan secara terus menerus (improvement).

Lalu pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta (evidence-based decision making), dan manajemen hubungan dengan stakeholder (relationship management).

Dengan peraihan sertifikasi ISO 9001:2015, Bank DKI telah menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal.

“Serta mencerminkan dedikasi dan kerja keras kolektif dari tim Manajemen dan segenap insan karyawan Bank DKI dalam upaya meningkatkan kualitas operasional Perseroan, khususnya sistem audit internal,” kata Amirul.

Amirul berkeyakinan keberhasilan ini akan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional Perseroan secara keseluruhan.

“Serta optimis melalui standar manajemen mutu audit internal yang tinggi, Bank DKI akan semakin mampu memberikan layanan terbaik dan memperkuat posisinya di industri perbankan secara regional maupun nasional,” kata Amirul.

Bank DKI telah melalui serangkaian proses penilaian sehingga ditetapkan memenuhi standar ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal.

Beberapa di antaranya audit stage satu dengan penilaian meliputi Review of system, Review of documented management system, Review of risk & opportunity process, and Organization knowledge.

Kemudian audit stage dua yang meliputi wawancara terkait proses audit secara keseluruhan kepada pemimpin satuan kerja dan pejabat setingkat pemimpi divisi pada satuan kerja audit internal.

Pimpinan itu meliputi divisi audit teknologi informasi, divisi manajemen audit, divisi audit umum, dan unit kontrol internal cabang (KIC).

Diterimanya ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal ini juga menambah deretan sertifikasi berstandar internasional yang diterima dan dipertahankan oleh Bank DKI.

Sertifikasi berstandar internasional yang pernah diraih meliputi Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada IT Helpdesk Services, dan ISO 31000:2018 Sistem Manajemen Risiko.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi berujar bahwa diterimanya Sertifikasi ISO 9001:2015 tidak hanya menegaskan kualitas manajemen mutu audit internal Bank DKI, tetapi juga mengindikasikan kesiapan Perseroan menghadapi tantangan dan perubahan dinamis dalam industri perbankan.

Hal ini juga merupakan langkah positif dalam membangun kepercayaan nasabah dan Pemangku Kepentingan.

“Dengan mengacu pada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, Bank DKI telah menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional Perseroan berlandaskan prinsip transparansi, integritas, dan fokus pada kepuasan pelanggan,” tutup Arie. (HFZ)

Related posts